Selasa, Juli 22, 2008

Kunker YAPKEMA, Pemda dan OXFAM Mendapat Sambutan Hangat Dari Warga


Kamis (3/4) kemarin, Yayasan Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat (YAPKEMA) menggandeng Pemerintah Daerah Kabupaten Paniai dan Denor Oxfam melakukan kunjungan kerja ke Koperasi Serba Usaha (KSU) Sinar Woma Kampung Ipuwa Distrik Paniai Utara.
Kedatangan Direktur YAPKEMA, Henok Pigai SE, Bupati Paniai Naftali Yogi S.Sos, Kepala Bidang Pertanian Oxfam, Lelly, Kabag Humas Setda Paniai, Dance Takimai, S.K bersama rombongan mendapat sambutan hangat dar Kepala Distrik Kebo, Kepala Kampung Ipuwa, Anggota KSU Sinar Woma bersama warga masyarakat Kampung Ipuwa..
Sepanjang perjalanan sekitar 8 Km lebih dari Kampung Detauwo hingga Kampung Ipuwa ini dijemput dengan tari-tarian adat warga masyarakat setempat lantas koteka dan moge sambil menyanyikan ”koyai mei ini yaka Bupati, Oxfam maa YAPKEMA Yakai ko titi duba, tuwoo duba daba bagepaa neenigoyawinee tiyakee”.setelah melewati bukit Paiyogei erlihat semeraknya anak-anak usia sekolah melambai lambaikan sepangkal kertas berlapis kartun berlambang YAPKEMA, OXFAM dan Pemda Paniai.
Perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan itu akhirnya tepat pada pukul 12.30 wit Bupati bersama rombongan tiba di KSU sinar Woma. Setelah rombongan istirahat sekitar 30 menit kemudian dilanjutkan dengan acara rama-tama dengan Anggota KUS Woma.
Ketua KSU Sinar Woma, Yulius Yeimo mengatakan, pihaknya bersama Anggota Koperasi dan Alam ini sangat berbangga atas kunjungan Pemerintah Daerah Kabupaten Paniai, lembaga Denor OXFAM. Kami juga berterima kasi kepada YAPKEMA yang telah menggandeng Pemda dan OXFAM untuk mengunjungi kami di Kampung Ipuwa teristimewa di KSU Sinar Woma ini.
Ketua KSU Sinar Woma ini selanjutnya memaparkan profil Koperasi Serba Usaha sinar Woma. Dalam paparannya Yulius Yeimo mengatakan, KSU ini didirikan pada 14 juli tahun 2006 dengan berbadan Hukum Nomor : 500/88/BH/KDK/.26.9/VII/06 dengan anggota kopersi sebanyak 35 personil.
Kata Yulius, KSU ini dalam pengembangannya bergerak di sejumlah unit usaha seperti Ternak Babi, Simpan pinjam, ternak kambing, Waserda/Kios dan tanaman sayuran seperti Kol, Wortel dan Kentang.
Dalam menghidupi KSU sinar Woma ini Yulius mengaku pihaknya bersama Anggota koperasi melakukan berbagai upaya akan tapi terbentur dengan menemui berbagai kendala terutama problem keterbatasan wawasan ekonomi dan Bisnis dan kedua masala finansial dan ketiga masala pemasaran.
Kata Yulius, setahun lebih untuk menghidupkan KSU ini kami jalani dengan beban berat, namun setelah kami mendat dukungan dari YAPKEMA beban berat itu mulai terasa ringan karena kami mendapatkan pembinaan-pembinaan baik materi maupun peraktek langsung dari yayasan ini. ”terima kasi YAPKEMA,”ucapnya sambil deraikan air mata mengakiri laporannya.
Usai acara rama-tama itu dilanjutkan dengan penanaman perdana tanamn sayur kol oleh Bupati kabupaten Paniai, Direktu Yapkema, Oxfam, Kepala Distrik dan sejumlah pihak lainya selakigus buti mencanagkan gerakan penaman satur Distrik Kebo. ***

1 komentar:

KOTUWAIBY KUDIAIBOO mengatakan...

none tingkatkan trussssssssss nooooo andalan.... akone pantau trusss